Friday, January 16, 2015

SISTEM INFORMASI PENCARIAN DAN PENJUALAN BARANG BERBASIS WEB PADA TOKO BAGUS



SISTEM INFORMASI PENCARIAN DAN PENJUALAN BARANG
BERBASIS WEB PADA TOKO BAGUS

ReviewIniDisuusunGunaMemenuhiTugasSistemInformasiManajemen
DosenPembimbing: Moh.RifqiKhairulUmam,SE., MM
DisusunOleh:
Nama        : FariskaYosiIryanti
Nim           : 122231065

JURUSAN PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUTE AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA
2014
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Perkembanganteknologikomputersebagaisaranapengolah data menjadiinformasiyang kemudiandiolahlagisedemikianrupadalampenyajiannya, makapekerjaandalampenyajianinformasiuntukperusahaansangatbanyakmengalamiperubahandankemudahan.Sebagaimanapekerjaanlainnya, makapekerjaandalampenyajianinformasidilakukanberdasarkanprinsip-prinsipsisteminformasi.
Tokobagusadalahsebuahtoko yang menghubungkanperoranganatauperusahaandalamtransaksijualbeliberbagaiprodukbarang di seluruh Indonesia. Hal inimenarikperhatianpenulisuntukmencobamembuatsisteminformasipencariandanpenjualanbarangberbasis web padatokobagus, dimananantinyaharapanpenulisdenganadanyasisteminformasipencariandanpenjualanbaranginidapatmeningkatkanpelayanansertaakurasiinformasi yang dibutuhkanolehpemakaimaupunpihakmanajemenperusahaan.
METODOLOGI PENELITIAN
1.        MetodePengumpulan Data
Pengumpulan data tidaklaindarisuatu proses pengadaan data primer untukkeperluanpenelitian. Pengumpulan data merupakanlangkah yang amatpenting, karenapengumpulan data adalahprosedur yang sistematikdanstandaruntukmemperoleh data yang diperlukan.Untukmelengkapi data–data tersebutpenelitimenggunakanbeberapateknikpengumpulan data yang diantaranyameliputi.
2.        PengamatanLangsung/Observasi
Yaitumengadakanpengamatanlangsungkelapanganuntukmemperoleh data sesungguhnyadariperusahaantersebutkarenapenulisdapatsecaralangsungmengamatikeadaansebenarnyadariobyek yang akanditelitigunamendapat data primer ataupun data skundernya. Dengandemikianpenulisakanmendapatkankejelasanterhadap proses-proses yang sedangterjadiseperti orang-orang yang terlibatdidalamsistemtersebut, dokumen-dokumen yang digunakandalampencatatan data -datanya, data - data pendukunglainnya, dokumen - dokumen yang dihasilkandaripengolahan data tersebut.
3.        StudiKepustakaan
Yaitumengadakanbeberapaorientasidanberbagaiinformasi yang terdapatdalamliteratur - literaturataubuku - bukuilmiah yang berhubungandenganpermasalahan yang dibahas.Merupakanpenelitian yang bersumberdanberpatokansertastandarisasidarikepustakaan yang adadandokumentasisertaliteratur yang ada yang akanbertujuanuntukmendapatkan data sekundergunamemperkuatargumentasidanpresentasi. Yang mana data - data tersebutdiperolehdaribuku - bukuatauliteraturliteratur yang berhubunganeratdenganpenelitianini, sehinggadapatmempermudahdanmemperjelasapa yang adadalamperancangandanpembuatansistem yang terkomputerisasinantinya.
TINJUAN PUSTAKA
DefinisiSistemInformasi
Sisteminformasiadalahsuatusistem yang dibuatolehmanusia yang terdiridarikomponen – komponendalamorganisasiuntukmencapaisuatutujuanyaitumenyajikaninformasi.SistemInformasiadalahseperangkatkomponen yang salingbehubungan yang berfungsimengumpulkan, memproses, menyimpandanmendistribusikaninformasiuntukmendukungpembuatankeputusandanpengawasandalamorganisasi.
Ada beberapahal yang termasukkomponenSistemInformasiyaitu :
a.       Blok masukanyaitu : Input mewakili data yang masukkedalamsisteminformasi.
b.      Blok model yaitu : Blok initerdiridarikombinasiprosedur, Blok initerdiridarikombinasiprosedur, logikadan model matematik yang akanmemanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengancara yang sudahtertentuuntukmenghasilkankeluaran yang diinginkan.
c.       Blok keluaranyaitu :Produkdarisisteminformasiadalahkeluaran yangmerupakaninformasi yang berkualitasdandokumentasi yang bergunauntuksemuatingkatanmanajemensertasemuapemakaisistem.
d.      Blok teknologiyaitu :Teknologimerupakan “kotakalat” (tool box) dalamsystem informasi. Gunanyauntukmenerima input, menjalankan model, menyimpandanmengakses data, menghasilkandanmengirimkankeluarandanmembantupengendaliandarisitemsecarakeseluruhan.
e.       Blok basis data yaitu : Basis data (database) merupakankumpulandari data yangsalingberhubungansatudengan yang lainnya, tersimpan di perangkatkeraskomputerdandigunakanperangkatlunakuntukmemanipulasinya.
f.       Blok kendaliyaitu :Beberapapengendalianperludirancangdanditerapkanuntukmeyakinkanbahwahal-hal yang dapatmerusaksistemdapatdicegahataupunbilaterlanjurterjadikesalahan-kesalahandapatlangsungcepatdiatasi.
DefinisiPenjualan
MenurutHasan (1998), mengemukakanpenjualandapatdiartikansebagaiseniatausemuaaktivitasuntukmempengaruhipribadiataugolongan agar bersediamembelibarangataujasa yang ditawarkandenganhargaataunilaitertentu. MenurutNitisemito(Pembelanjaan Perusahaan, 1997), mengatakankonsepdaripenjualanadalahsamadengankonseppemasaran, karenapenjualanadalahbagianprilakuterkecildalam proses pemasaran, dimanapemasaranadalahsuatu proses sosialdanmanajerialdimanaindividudankelompokmendapatkankebutuhandankeinginanmerekadenganmenciptakan, memasarkandanbertukarsesuatu yang bernilaisama lain.
MenurutTjiptono, tujuandaripemesananadalahsebagaiberikut:
a.       Memonitoringkeadaanpasar yang menjadisasarantujuandalamhalpenjualan.
b.      Sebagaiukurankelemahandankekuatanperusahaandalampemasaran.
c.       Besarkecilnyapangsapasardapatmempengaruhikeberhasilanbersaingdenganperusahaanlainnya.
PEMBAHASAN
A.      PerancanganSistem
Adapunpenggunaanalat-alatbantu yang digunakanolehpenelitidalammendesainperangkatlunaktersebutadalahsebagaiberikut:
a. Diagram AlirDokumen (Flow Of Document/FOD)
b. Diagram Alur Data (Data Flow Diagram/DFD)
c. Diagram HubunganantarEntitas (Entity Relationship Diagram/ERD)
d. Perancanganantarmuka program (Interface Program Design)
B.   Diagram AlirDokumen (FOD)
Diagram AlirDokumenbekerjamulaidari customer ataupembeli yanginginmemesanataupunmembelibarangharusmempunyai ATM atau pun Credit Card sehinggatakperlu repot lagiuntukdatanglangsungketokobaguscukupdenganmembukasitustokobagus di internet maka customer ataupembelidapatsecaralangsungmelihatproduk-produk yang di jualdandapatmemesanbaranglangsungdarisitustersebut.
C.       Diagram Alur Data (DFD)
Diagram alur data terdiridari 3 tingkatan, yaitu diagram konteks, diagram level 0dan diagram level 1.

SIMPULAN
Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasan, makadapatdiambilsimpulansebagaiberikut:
1.    Penelitianinimemilikiketerbatasanyaituhanyamembahassistempencariandanpemesananbarang yang ada di tokobagus, tidakmembahasbagaimana prosesbarangdiperolehtokodantidakmembahaspemesananjasa.
2.    Sisteminformasipencariandanpemesananbarang yang ada di tokobagushanyadapatdimanfaatkanolehkonsumen yang berasaldariberbagaidaerah diIndonesia selama 24 jam penuh.
3.    Dari penelitiantersebuttelahdihasilkanberupadesainsisteminformasipemesanandanpenjualanbarangberupa diagram alir, diagram aliran data, diagram hubunganantarentitasdandesainantarmukasystem.
IMPLIKASI MANAJERIAL

Berdasarkandarikesimpulan yang telahdikemukakandiatas, danjugauraiandan
pembahasanpadababsebelumnya, makadalamkesempataninipenulisakanmenyampaikanbeberapa saran-saran sebagaiberikut:
1.      Untukpeningkatanproduktifitasperusahaansebaiknyamelakukanperubahandalammenyelesaikanpekerjaan agar menjadilebihbaikdenganmenerapkansisteminformasipemesanandanpenjualanbarang yang berbasiskan web.
2.      Perludiadakanpelatihanterhadap SDM danpenambahanteknisikomputer,sehinggakendala-kendala yang terjadipadasistemkomputerdapatdiatasidengancepat.
3.      Dengansistemdan program aplikasi yang adatidakmenutupkemungkinanmasihadakekurangan, untukitutahappengembanganberikutnya agar bias memperbaikikekurangantersebutdantetapmempertahankankeunggulan yangadapadasistemtersebut.

No comments: