Friday, June 19, 2015

PROPOSAL MENDIRIKAN PABRIK DODOL SUSU DARI UMKM KWT BERDAYA DI SELO, BOYOLALI



PROPOSAL USAHA
 

PROPOSAL MENDIRIKAN PABRIK DODOL SUSU DARI UMKM KWT BERDAYA DI SELO, BOYOLALI
Di Susun Oleh:
FARISKA YOSI IRYANTI
NIM: 122231065



JURUSAN PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA
2015
PENGESAHAN
           
Proposal ini disusun dan diajukan kepada DPRD Kab. Boyolali guna memecahkan masalah kesenjangan ekonomi masyarakat boyolali agar masyarakat yang masih tergolong kurang mampu dan kurang sejahtera dapat meningkatkan pendapatan juga semakin tinggi nilai kesejahteraan masyarakat Boyolali. Serta bertujuan menyiapakan masyarakat boyolali bersaing dan menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).
Telah disetujui dan disahkan pada:
Hari                 : Senin
Tanggal           : 27 April 2015





Mengetahui,
Bupati Boyolali


Drs. Seno Samodro
Nip:112233112390


KATA PENGANTAR

Assalamualaikum rw.wb
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini tanpa ada sesuatu halangan apapun. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di dunia dan di akhirat.
Proposal  ini saya susun dengan metode observasi dan kajian pustaka tentang permohonan bantuan sekaliagus permodalan pendirian pabrik dodol susu dan perbaikan jalan menuju lokasi rencana pabrik didikikan yaitu di jalan boyolali-selo. Penulis menyampaikan terimaksih kepada:
1.    Bapak Bupati yang telah menyetujui proposal ini yaitu Bapak Drs. Seno Samodro.
2.    Teman-teman yang ada di kampus IAIN Surakarta.
3.    Ayah dan Ibu tercinta di rumah yang selalu member dukungan dan doa sehingga proposal ini dapat terselesaikan
4.    Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini
Namun penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, maka kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi peningkatan proposal ini. Penulis berharap semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya, pembaca dan masyarakat Boyolali.
Wassalaumalikum wr. Wb
                                                                                    Boyolali, 26 April 2015

                                                                                    Fariska Yosi Iryanti
                                                                                    NIM: 122231065                                                                   
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………………………………     1
PENGESAHAN………………………………………………………...      2
KATA PENGANTAR…………………………………………………       3
DAFTAR ISI…………………………………………………………..        4
PENDAHULUAN……………………………………………………..       5
TELAAH PUSTAKA…………………………………………………        7
METODE PENELITIAN………………………………………………      9
PEMBAHASAAN…………………………………………………......       10
PENUTUP……………………………………………………….……..       16
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………       17
LAMPIRAN……………………………………………………………       18


PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Boyolali adalah Kabupaten kecil yang masuk pada regional SoloRaya. Boyolali terletak di provinsi jawa tengah,  dengan Bupati Drs. Seno Samodro kabupaten ini berbatasan dengan Kab. Semarang dan Kab Grobogan di Utara; Kab Sragen, Kab karanganyar, Kab Sukoharjo dan kota Surakarta di timur; Kab Klateb dan DIY di selatan ; kab, Semarang di barat. Boyolali  memiliki julukan Kota Sapi dan Kota Susu. Di Boyolali ada 4 desa wisata antara lain; Desa Wisata Pentur, Desa Wisata Lencoh, Desa Wisata Kemasan dan Desa Wisata Samiran. Desa wisata yang ada di Boyolali memiliki potensi wisatanya masing dan memiliki souvenir atau buah tangan ciri khas yang berbeda dari desa wisata yang lainnya. Seperti di Desa Wisata Samiran atau Dewa Sambi juga memiliki UMKM(Uasaha Mikro Kecil Menengah) untuk mendukung wisata di kawasan Selo. Selo adalah sebuah kecamatan di Kab Boyolali. Selo terletak di kaki gunung merapi sebelah timur. Para pendaki yang mau mendaki kegunung merapi memulai pendakian dari kecamatan ini UMKM di selo sendiri memproduksi cemilan sebagai buah tangan yang berdasarkan potensi alam yang ada seperti wortel, bayam merah, dongadas, sayur bit, dan susu yang di jadikan pangsit, stik, keripik, dodol susu. Dodol susu ini sangat berpotensi apabila di kembangkan dan dapat di pasarkan secara luas karena dodol yang bahan dasar susu ini sangat bergizi dan menyehatkan, apalagi Boyolali adalah kota susu yang mana mayoritas masyarakatkanya memelihara sapi perah maupun pedaging. Nah untuk mengembangkan hasil susu dari perah ini masyakart di Desa Wisata samiran mendirikan UMKM yang di namakan KWT Berdaya yang terdiri dari Ibu-ibu tani yang memproduksi makanan berdasarkan susu yaitu Dodol susu, kerupuk susu, Stik Susu. Namun Dewa Sambi ini memiliki kendala di pemasaran, di karenakan lokasi yang cukup jauh dari kota yaitu di lereng gunung merapi dan merbabu, juga akses jalan yang rusak, berbelok-belok dan terjalan yang membuat UMKM di desa wisata samiran .
B.       Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan penulis utarakan dalam pembahasan di dalam proposal ini Berdasarkan latar belakang di atas adalah sebagai berikut ;
1.         Apa permasalahan dalam UMKM Desa Wisata Samiran di Boyolali?
2.         Bagaimana Pemerintah membantu UMKM Kwt Beraya dari sisi modal dan mengembangkan UMKM guna kesejahteraan bersama?
3.         Apa manfaat peran pemerintah dan sekor wisata dimana Desa Samiran adalah Desa Wisata yang banyak di kunjungi wisatawan?
C.       Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penyusunan proposal ini adalah;
1.         Dapat mengetahui permasalahan dalam UMKM Desa Wisata Samiran di Boyolali.
2.         Dapat mengetahui peran Pemerintah membantu UMKM KWT Beraya dari sisi modal dan mengembangkan UMKM guna kesejahteraan Masyarakat Selo.
3.         Dapat mengetahui manfaat peran pemerintah dan sekor wisata dimana Desa Samiran adalah Desa Wisata yang banyak di kunjungi wisatawan




TELAAH PUSTAKA
A.      Pengertian wisata, desa wisata dan kepariwisataan:
Pendapat-pendapat beberapa tokoh:
Menurut Musanef, Wisata adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati obyek dan daya tarik wisata.
Menurut Tim Pena Cendekia. Desa wisata adalah  pengembangan dari suatu desa yang memiliki potensi wisata yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti alat transportasi atau penginapan.
Menurut Spillane & James. Sarana wisata adalah sarana sosial ekonomi, yang untuk seluruhnya atau sebagian menghasilkan jasa atau barang yang digunakan wisatawan.[1]
Menurut undang – undang pemerintah nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan:
Wisata adalah perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari daya tarik wisata yang dikunjunginya dalam jangka waktu sementara. Wisatawan adalah orang yang melakukan wisata. Sedangkan Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Dan Kepariwisataan adalah keseluruhan kegiatan yang terkait dengan pariwisata dan bersifat multidimensi serta multidisiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang dan negara serta interaksi antara wisatawan dan masyarakat setempat sesama wisatawan, pemerintah, pemerintah daerah dan pengusaha.[2]


B.       Pengertian UMKM
Usaha Mikro Berdasarkan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro) adalah usaha produktif milik orang perorangan dan / atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. [3]
C.       Desa Wisata Samiran
Desa Wisata Samiran yang terletak di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali merupakan salah satu Desa Wisata yang berada di kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Udara yang sejuk, kehidupan masyarakatnya yang ramah, seni tradisi yang masih tetap dipertahankan dan pertanian yang berkembang menjadikan desa ini sebagai desa wisata unggulan di daerah Solo Raya.[4]
D.      Pemerintah
Pemerintah bisa kita artikan sebagai orang atau sekelompok orang yang memiliki kekuasaan untuk memerintah, atau lebih simpel lagi adalah orang atau sekelompok orang yang memberikan perintah. Namun secara keilmuan, Pemerintah diartikan dalam beberapa definisi, antara lain ada yang mendefinisikan sebagai lembaga atau badan public yang mempunyai fungsi dan tujuan Negara, ada pula yang mendefinisikan sebagai sekumpulan orang-orang yang mengelola kewenangan-kewenangan, melaksanakan kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan serta pembangunan masyarakat dari lembaga-lembaga dimana mereka ditempatkan. [5]




METODE PENULISAN
Metode- metode pengumpulan data yang penulis gunakan sebagai rujukan dalam penyusunan proposal ini adalah:
1.    Metode pustaka
Metode pustaka yaitu cara pengumpulan dan dengan cara membaca buku ataupun brosur yang ada kaitannya terhadap objek penelitian.
2.    Metode langsung
Metode langsung yaitu metode data dengan mendatangi warnet (warung internet) dan wifi kampus untuk mencari informasi tentang UMKM dan wisata di Samiran dan Kemasan Boyolali.
3.    Metode diskriptif analitik
Metode diskriptif analitik yaitu metode mendiskripsikan dan menganalisa literature atau buku sebagai tambahan dalam kajian terhadap objek yang ditulis
4.    Metode wawancara dan observari
Mengunjungi langsung UMKM di Desa Wisata Kemasan dan Desa Wisata Samiran kemudian melakukan wawancara kepada owner UMKM sebagai narasumbernya.
PEMBAHASAN
A.      PERMASALAHAN DALAM WISATA DI BOYOLALI
Wisata adalah perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari daya tarik wisata yang dikunjunginya dalam jangka waktu sementara. Wisatawan adalah orang yang melakukan wisata. Sedangkan Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Dan Kepariwisataan adalah keseluruhan kegiatan yang terkait dengan pariwisata dan bersifat multidimensi serta multidisiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang dan negara serta interaksi antara wisatawan dan masyarakat setempat sesama wisatawan, pemerintah, pemerintah daerah dan pengusaha.
Menurut Tim Pena Cendekia. Desa wisata adalah  pengembangan dari suatu desa yang memiliki potensi wisata yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti alat transportasi atau penginapan. Menurut Spillane & James. Sarana wisata adalah sarana sosial ekonomi, yang untuk seluruhnya atau sebagian menghasilkan jasa atau barang yang digunakan wisatawan.
Daya tarik wisata adalah segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam budaya dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan.[6] Dalam pariwista terdapat sapta pesona. Sapta pesona merupakan sebutan bagi 7 unsur pengembangan dan pengelolaan daya tarik wisata di Indonesia. Sapta Pesona Terdiri dari:
1.      Aman
2.      Tertib
3.      Bersih
4.      Sejuk
5.      Indah
6.      Ramah
7.      Kenangan
Point penting yang akan kita bahas disini adalah point ke 7 yaitu kenangan. Tujuan dari unsure Kenangan adalah menciptakan memori yang berkesan bagi wisatawan, sehingga pengalaman perjalan/kunjungan wisata yang dilakukan dapat terus membekas dalam benak wisatawan, dan menumbuhkan motivasi untuk berkunjung ulang. Bentuk aksi dari unsure kenangan adalah:
·         Menggali dan mengangkat keunikan budaya local.
·         Menyajikan makanan dan minuman khas local yang bersih, sehat dan menarik.
·         Menyediakan cenderamata yang menarik unik/khas serta mudah dibawa. [7]
Untuk meciptakan kenangan yang dapat berupa souvenir maupun makanan yang khas maka tumbuhlah UMKM yang menyediakan komuditi tersebut. Namum UMKM yang menyediakan kenangan terutama untuk Desa Wisata Samiran Boyolali (DEWI SAMBI) memiliki beberapa kendala seperti permodalan, pemasaran dan perhatian dari pemerintah.
B.       PERMASALAHAN UMKM DI DEWI SAMBI
Desa wisata samiran boyolali juga memiliki UMKM yang di dirikan oleh ibu-ibu kelompok tani. UMKM tersebut dinamankan “KWT Berdaya” atau kelompok wanita tani berdaya. UMKM KWT Berdaya ini memiliki potensi pada produk yang mereka hasilkan yaitu makanan yang bahan dasar susu. Kita semua tau kelebihan dari susu, selain menyehatkan juga memiliki gizi dan kalsium yang tinggi dan baik untuk pertumbuhan. Olahan susu tersebut di jadikan Dodol Susu, Stik Susu dan kerupuk susu. UMKM KWT Berdaya adalah UMKM satu-satunya di wilayah Boyolali yang mencetuskan dan memproduksi  makanan berbahan dasar susu dari usaha keras para ibu-ibu tani dalam berinovasi memanfaatkan potensi yang di memiliki masyarakatt Selo yaitu ternak Sapi Perah.
 Namun UMKM KWT Berdaya yang di dirikan oleh Ibu Ningsih ini memiliki kendala pada permodalan dan surat izin. Kurangnya pertahia daripemerintah terhadap UMKM Kwt berdaya membuat KWT berdaya tidak dapat berkembang dengan lancer. Di samping itu kedala lainnya adalah lokasi dan jalan. Lokasi desa samiran yang terletak  diantara lereng gunung merapi dan merbabu dengan ketinggian 1500Mdpl. Sehingga jauh dari kota atau market besar. Jalanan menuju samiran sendiri juga berkelok-kelok dan berlubang. Di tambah lagi pada musim hujan seperti ini, sangat rewan untuk berkendara menuju samiran, juga rentan longsor dan banjir.
Ibu-ibu kelompok tani tidak berani memproduksi dalam jumlah banyak dikarenakan pemasaran yang belum terbackup dengan baik. Padahal potensi alam sangat subur di sana. Seperti wortel, brokoli, bayam merah, dongadas di olah menjadi keripik, pangsit, stik, dan dodol. Ada juga olahan susu di desa samiran, seperti es susu murni,krupuk susu, dodol susu dan stik susu. Kenapa susu? Karena susu juga mudah di temui di boyolali, dimana icon boyolali adalah susu dan sapi. KWT Berdaya mengandalkan pemasaran dengan cara menunggu pembeli datang langsung ke tempat produksi. Tentu saja, dalam kondisi kunjungan wisatawan yang tidak pasti apalagi pada music hujan, akan sulit mengandalkan sistem pemasaran seperti itu.
C.       DAMPAK BAGI WISATA DAERAH SAMIRAN
Apabila UMKM tidak berjalan secara semestinya maka akan mengganggu oprasional dari desa wisata itu sendiri. Di lihat dari aspek wistawan, wisatawan akan merasa kurangnya mendapatkan unsure kenangan dari desa wisata tersebut. Karena UMKM yang menyediakan unsure kenangan dalam wisata mengalami beberapa kendala sehingga penyediaanya produk-produk kenangan tersebut sulit didapatkan. Dampaknya wisatawan kurang puas dan enggan berkujung kembali ke tempat wisata tersebut.

D.      FUNGSI PEMERINTAH DALAM PEMERATAAN MODAL DAN PEMASARAN
Sebagai pemerintah yang mengelola suatu wilayah dengan kewenangan-kewengannya memiliki fungsi menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 adalah:
a.       Pemerintah daerah mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.
b.      Menjalankan otonomi seluas-luasnya, kecuali urusan pemerintahan yang menjadi urusan pemerintahan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum dan daya saing daerah.
c.       Pemerintah daerah dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan memiliki hubungan pemerintahan pusat dengan pemerintahan daerah. Dimana hubungan tersebut meliputi wewenang, keuangan, pelayanan umum, pemanfaatan sumber daya alam, dan sumber daya lainnya. [8]
Dalam mensejahterakan masyarakat dan mengembangkan UMKM di suatu wilayah terutama Boyolali, pemerintah memiliki kewajiban menyediakan lembaga- lembaga keuangan sebagai kepentingan permodalan UMKM dan memberi pengarahan seperti sosialisasi dan pembinaan kepada UMKM di daerah yang membutuhkan, yaitu di Samiran. Agar modal yang di salurkan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan UMKM tersebut.
E.       PROYEK YANG DI AJUKAN
     Setalah mengetahui latar belakang dan kendala pada UMKM di Desa Wisata samiran maka saya berharap kepada Pemerintah DPRD Kab Boyolali          untuk dapat menjadikan UMKM KWT Berdaya dari UMKM menjadi Pabrik dengan nama “Pabrik dodol susu” yang memproduksi makan berdahan dasar susu yaitu dodol susu, stik susu, kerupuk susu dari UMKM KWT berdaya. Dengan adanya Pabrik dodol susu dapat mengangkat perekonomian daerah Selo. Apabila UMKM tersebut menjadi pabrik akan dapat mengurangi pengangguran, meningkatan pendapat masyarakat, menjadi desa wisata yang mandiri dan Julukan Boyolali  sebagai kota susu akan semakin terkenal, apalagi samiran adalah desa wisata yang mana pengujung akan mencari makan Khasnya Boyolali dilihat dari julukannya.
a.       Kebutuhan Dan Pelakasaan
-bangunan                                           Rp 2.000.000.000,00
(waktu pendirian bangunan 5 bulan)
-tanah                                                  Rp    500.000.000,00
(Pembebasan lahan 50 hectar)
-peralatan                                            Rp    250.000.000,00
-perlengkapan                                      RP    100.000.000,00
-tenaga kerja 100 orang                       Rp    300.000.000,00
            -direktur
            -administrasi
            -manajer
            -karyawan
-Pengembangan bahan dasar               Rp   100.000.000,00
Perkiraan biaya total                           Rp 3.250.000.000,00
b.      Kondisi lokasi
-Lokasi pendirian pabrik di desa Samiran, Selo, Boyolali. Lokasi tersebut
sangat stragegis untuk di jadian tempat usaha.
-jalan boyolali-selo kurang baik, sehingga pemerintah Kab. Boyolali harus memperbaiki jalan demi kelancaran kegiatan operasional Pabrik Dodol Susu.
c.       Sumber pendanaan
Pemerintah Kab. Boyolali
d.      System Manajemen Usaha
System manajemen disini di pegang 40% pemerintah dan 60% Direktur Utama.
e.       Produk
-Dodol susu
-kerupuk susu
-stik susu
F.        Harapan dampak dari adanya pabrik dodol susu.
Dengan adanya pabrik dodol susu akan dapat memiliki manfaat sebagai berikut:
1.      Mengurangi pengangguran
2.      Meningkatkan pendapatan
3.      Pemanfaatan hasil sapi perah oleh masyarakat Selo, Cepogo dan sekitarnya di Boyolali
4.      Sebagai wisata edukasi yang di jadikan tujuan kunjungan industry
5.      Mengembangkan inovasi dan keahlian tenaga kerja Pabrik dodol susu
6.      Produk dari Pabrik dodol susu akan mejadi makanan khas Selo sebagai oleh-oleh wisata.
7.      Produk dari Pabrik dodol susu dapet di pasarkan secara luas se-Indonesia dan manca Negara.
8.      Pabrik Dodol Susu adalah Pabrik satu-satunya di Boyolali yang memproduksi makanan berbahan dasar Susu secara besar. Dan akan memperkerjaan masyarakat yang  yang memiliki besic dapat mengolahan susu. Sehingga tidak akan merugikan masyarakat lainnya. Justru akan mensejahterakan masyarakat dan mengurangi kesenjangan.



PENUTUP
KESIMPULAN
            Demikian proposal ini di buat, bedasarkan kebutuhan dan pelaksaan yang sesuai dengan kondisi lapangan, serta mudah-mudahan upaya pengandaan pabrik dodol susu ini dapat perhatian pemerintah melalui bantuan pendirian pabrik berserta peralatan, perlengkapan, dan perizinan dapat mendukung kegiatan UMKM KWT berdaya berkembang menjadi lebih besar dalam mengelola usahanya. Atas segala perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.








                                                           
DAFTAR PUSTAKA
Rizal yaya, 2014.Akuntansi perbankan syariah. salemba empat. Jakarta selatan.
Sigit triandaru. 2006. Bank dan lembaga keuangan lain. Edisi 2. Salemba emapat. Jakarta.

Sumber internet:
Pengertian dan Definisi Wisata - Definisi - CARApedia.htm
Pengertian,asas,tujuan dari Wisata menurut UU no 10 tahun 2009 THANK YOU FOR VISIT.htm
Abstraksi Ekonomi  Pengertian UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).htm
Desa Wisata Samiran Archives - kesolo.com.htm
Desakemasan.wordpress.com/2014/02/07/dewa-emas/
http://bayoscreamo.blogspot.com/2011/10/pengertian-pemerintah-dan-pemerintahan.html
Pengertian,asas,tujuan dari Wisata menurut UU no 10 tahun 2009 _ THANK YOU FOR VISIT.htm
Law Learning Center  PENGERTIAN, FUNGSI, DAN ASAS PEMERINTAHAN DAERAH.htm
Pariwisata-dunia.blogspot.in/2012/04/sapta-pesona-pariwisata.htn


LAMPIRAN
Produk UMKM dari Desa Wisata Samiran, Selo,Boyolali:


[1] Pengertian dan Definisi Wisata - Definisi - CARApedia.htm
[2] Pengertian,asas,tujuan dari Wisata menurut UU no 10 tahun 2009 THANK YOU FOR VISIT.htm
[3] Abstraksi Ekonomi  Pengertian UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).htm
[4] Desa Wisata Samiran Archives - kesolo.com.htm
[5] http://bayoscreamo.blogspot.com/2011/10/pengertian-pemerintah-dan-pemerintahan.html
[6] Pengertian,asas,tujuan dari Wisata menurut UU no 10 tahun 2009 _ THANK YOU FOR VISIT.htm
[7]Pariwisata-dunia.blogspot.in/2012/04/sapta-pesona-pariwisata.htn
[8] Law Learning Center  PENGERTIAN, FUNGSI, DAN ASAS PEMERINTAHAN DAERAH.htm

No comments: